Minggu, 19 Juli 2009

SL-PHT SWADAYA


Belum adanya program Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) jagung dilaksanakan di kelompok Tunas Harapan Mandiri Jorong Simpang Empat Nagari Sitanang Kecamatan Ampek Nagari membuat pok tan tersebut berinisiatif untuk melaksanakan SL-PHT secara swadaya.

SL tersebut sangat berguna bagi anggota pok tan khususnya dan masyarakat sekitar umumnya, dan dibawah bimbingan Karlina Spt kelompok tersebut mengadakan panen perdana dan sekaligus melaksanakan penutupan acara SL dengan mengundang Kepala Dinas Pertanian Kab Agam yang waktu itu di wakili oleh Alfiandri, Camat ampek Nagari Weldizar, wali nagari Sitanang dan tokoh masyarakat setempat, baru baru ini di lahan pelaksanaan SL tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dalam sambutannya mengucapkan terima kasih buat kelompok tani Tunas Harapan yang telah melaksanakan kegiatan SL. “Ini membuktikan bahwa ada gejala atau fenomena bahwa petani kita mulai sadar betapa pentingnya peranan ilmu pertanian dalam mempengaruhi tingkat pendapatan petani, dan khusus untuk pok tan Tunas Harapan kita di Dinas akan mengusulkan program yang akan menunjang kegiatan pok tan untuk lebih maju lagi, sama sama berdoa saja kita semoga terwujut dan disetujui.” Tutur Alfiandi dengan penuh semangat.

“Harapan kami setelah selesainya kegiatan SL ini agar seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan untuk benar-benar melanjutkan kegiatan ini di lahan masing-masing. Dan di pihak pemerintah kecamatan kita akan membantu sesuai dengan kemampuan kita untuk berperan serta dalam meningkatkan pendapatan petani” kata camat Ampek Nagari dalam pidatonya.

Dalam wawancara Suara Afta dengan Alfiandri, terungkap bahwa ternyata saat ini Nagari Sitanang dijadikan sasaran program desa Mandiri Pangan, sasaran dari kegiatan ini adalah terwujutnya desa atau Nagari Sitanang yang mampu mencukupi kebutuhan pangan untuk warganya dengan hasil daerah sendiri, untuk hasil yang lebih maksimal dinas Pertanian Agam juga menunjuk Karlina Spt sebagai tenaga harian lepas untuk mendampingi pok tan yang ada di Nagari Sitanang dalam melakukan kegiatanya. ( dna )


Obrolan

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x