Minggu, 19 Juli 2009

PRODUCT PERTANIAN SUKSES DI PRP 2008


Pedagang product pertanian manangguak untuang gadang pada Pekan Raya Padang yang dilaksanakan dipelataran parkir GOR Haji Agus Salim 7 sampai 17 Agustus 2008.

Dengan bahagianya hal ini disampaikan oleh Marnis salah satu pengusaha jus buah dengan nama dagang JUICE BUGAR “Alhamdulillah, dengan adonyo Pekan Raya Padang yang diadokan oleh Pemerintahan Kota Padang ko, ambo manangguak untuang gadang dari penjualan salah satu product hasil pertanian yang ambo usahoan yaitu juice buah. Dari awal acara PRP hinggo kini selasa 12 agustus 2008 ado sakitar Rp3 juta untuang barasiah yang ambo tarimo”.

Dari penulusuran Tabloid AFTA, terlihat banyaknya pembeli yang antri untuk mendapatkan jus buah yang dikelola oleh Marnis pada acara malam PRP tersebut dan Sepertinya warga masyarakat kita telah paham akan manfaat dari mengkonsumsi product hasil pertanian seperti juice buah ini dari pada mengkonsumsi makanan olahan pabrik yang dapat membahayakan kesehatan. Bersamaan dengan itu petugas tabloid AFTA juga mendapat kesempatan untuk merasakan kesegaran juice buah buatan Marnis, terasa kesegaran dan kenikmatan yang terpadu dengan baik dari tiap degukan dari jus buah dengan rasa mangga yang diberikan oleh marnis. Jadi tidak salah kenapa orang antri menanti JUICE BUGAR ini.

Dari kutipan wawancara, Marnis banyak mendapatkan penghargaan dari usaha juice buah ini. Diantaranya yaitu: Pada tahun 2004 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, sebagai pengendali mutu buah terbaik SUMBAR; Tahun 2002 dari PT. POS Indonesia, sebagai bapak angkat untuk wakil dari Sumbar dalam acara Bazar yang diadakan di bandung, saat itu Dasmajunir (Suami Marnis) sebagai pelaksna. Berdasarkan hal ini Manis menyebutkan, usahanya tersebut sekarang diusulkan sebagai utusan peserta terbaik Sumbar dalam pengelola juice buah.

Adapun kunci dari kesuksesan usaha juice buah ini, Dasmajunir (suami Marnis) mengungkapkan adalah: Selalu jujur dalam berusaha; Melakukan pengawasan ketat dari mutu product dari hulu hingga hilir seperti membeli buah yang selalu segar dan bebas pengawet, penyimpanan buah di kulkas / freezer, selalu menjaga kebersihan tempat pengolahan product juice sehingga rasa tetap terjaga dengan baik, setiap saat amati buah jika sudah busuk tanpa ditunggu lama harus dibuang.; melakukan inovasi – inovasi terbaru dalam menarik pelanggan, serta sabar dalam berusaha.

Marnis mengaku, dia memulai usaha hasil product pertanian ini dari berjualan susu segar yang diambil dari kampungnya padang panjang pada tahun 1992 dengan modal awal Rp20.000 dan alhamdulillah berkat sabar dan ketekunan usaha jualan susu segar, maka usaha ini banyak diminati oleh masyarakat. Kemudian dari masa ke masa , Marnis menambah unit usaha nya sebagai penjual susu kedelai, koktail, natadecoo dan yang terakhir Juice buah. Unit-unit usaha tersebut terangkum dengan nama dagang BUGAR FRESH MILK. Sekarang jumlah total aset yang saya miliki hasil dari usaha ini adalah Rp800 juta rupiah dengan jumlah pegawai yang setia dari awal menemani sebanyak 10 orang.

Berkat usaha dalam mengolah hasil product hasil pertanian ini, Marnis bersama suami yang tercintanya Dasmajunir pada tahun ini mengatakan inshaaallah akan berangkat naik haji dan pada masa – masa akan datang akan terus melakukan inovasi – inovasi terbaru demi keajuan usahanya tersebut.
....................................

Hal serupa juga dirasakan penjual bunga hias Darni wilis (Upik) yang juga membuka stan di PRP padang 2008 dari kelompok tani Bunga Hias pertiwi nursery lubuk minturun kota padang. “Rata – rata penjualan kotor harian kami dari PRP 2008 ini ada sekitar ±Rp3 juta rupiah. Kami dari kelompok Tani Bunga Hias Nursery mengucapkan terimaksih yang sebesar – besarnya kepada pemerintahan kota padang yang telah mengangkatkan PRP di GOR H. Agus Salim ini. Semoga di tahun depan kelompok tani kami dapat diundang lagi untuk ikut berpartisipasi. Ant


Obrolan

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x