Selasa, 24 Maret 2009

PENGGUNDULAN HUTAN MEMBUAT WARGA MALALO RESAH


Warga Malalo di Kanagarian Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar diresahkan oleh gundulnya Bukit Kayu Mati yang terletak di Kubang Badak Jorong Pincuran Tujuh Kanagarian Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah.

Hal ini disampaikan oleh Kasmir Gindo, Ketua Kelompok Pecinta Hutan dan Air Kabupaten Tanah Datar Pada Tabloid Pertanian Suara AFTA baru-baru ini di rumahnya. “Warga Malalo diresahkan oleh penggundulan hutan yang dilakukan di Bukit Kayu mati oleh beberapa oknum warga Kubang Badak. Berbagi upaya telah dilakukan baik melalui surat pada wali nagari batipuah baruah maupun ke kantor kehutanan Kabupaten Tanah Datar, namun hal ini tak kunjung ada tanggapan yang berarti”.

Jelas Kasmir Gindo lagi, Jika hal ini tak juga ada tanggapan, dikhawatirkan akan terjadi longsor yang dapat menimpa Kanagarian Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuah Selatan.

Tambah Gindo Lagi, Bukit kubang badak memiliki kelerengan yang terjal, dengan sudut kemiringan 900. Apabila lahan dengan kelerengan tersebut, tidak terdapat tanaman tahunan, maka dengan sendirinya daya dukung tanah terhadap air dalam tanah akan menurun. Sehingga dikhawatirkan akan terjadi longsor apabila kondisi ini secara terus menerus berlangsung.

Ungkap Gindo lagi, Penggundulan hutan lindung yang dilakukan oleh beberapa oknum warga kubang badak ini. dimanfaatkan sebagai ladang berpindah. Dengan tanaman yang diusahakan yaitu Padi dan Kopi. Setelah dipeladangi kemudian ditinggalkan begitu saja. Tanpa melakukan penanaman hutan atau reboisasi kembali.
Jelas Gindo lagi, Puncak penggundulan bukit kubang badak besar–besar terjadi pada akhir tahun 2008 ini. Tercatat luas lahan Bukit Kubang Badak yang telah digunduli yaitu sekitar 6-7 hektar.

Gindo berharap, melalui Tabloid Pertanian Suara AFTA ini, diharapkan ada perhatian pemerintah maupun pihak – pihak yang terkait untuk dapat mengatasi masalah ini. Sehingga sebelum musibah longsor terjadi dan korban berjatuhan, sekurang-kurangnya sudah ada usaha agar penyelamatan dilakukan.»»Anton.

Tidak ada komentar:

Obrolan

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x